Minggu, 09 Maret 2008
[tips] m/gambar ulang sketsa di inkscape

menggambar ulang sketsa di program pengolah gambar, memerlukan kesabaran dan ketelitian.

hmm... mungkin beberapa tips dari saya untuk yang mau belajar menggambar ulang sketsa di program pengolah gambar, di sini saya menggunakan inkscape namun tips dari saya bisa ko di terapkan di mana saja pengolah gambar yg kamu suka :)

ok. sebelumnya saya perlihatkan contoh hasil saya menggambar ulang sketsa di inkscape,

di sini saya gunakan gambar donal bebek, tokoh yang yang saya suka dari kecil.

saya ambil gambar sketsa donal di situs ini

dan dibawah adalah hasil gambar ulang yang saya buat pada inkscape.

-------------------------------------------------------------

sebenarnya tidaklah cukup sulit menggambar ulang sketsa di mana saja pengolah gambar yang ada. Setelah kita menyiapkan sketsa -nya, bisa ambil yg ada di internet atau membuat sendiri sketsa -nya di kertas yang kemudian di scan.

Untuk menggambar donal di atas misalnya, gambarlah terlebih dahulu bagian-bagian penting, seperti misalnya topinya dulu, lanjut dengan kepalanya, lanjut dengan tubuhnya, lengannya, kakinya.

Selalu fokus pada apa yg sedang kita gambar, misalnya kita hendak menggambar topinya dahulu, fokuskan semuanya kpd gambar topi, jgn lihat bagian lain dahulu, karena hanya akan membuat kita merasa tertekan :D

untuk menggambar topi misalnya, karena bulat, bisa menggunakan tool circles (F5) di inkscape. Dan untuk menggambar pita topi bisa menggunakan tool bezier curves and straight lines (shift+F6).

Untuk menggambar kepala bisa juga menggunakan tool circles (F5)

untuk menggambar bagian tubuh bisa juga menggunakan tool circles (F5)

dan untuk membuat agar lingkaran yg telah kita buat bisa mengikuti alur tubuh dari sketsa, caranya klik dahulu lingkaran yg akan digunakan untuk menggambar tubuh, kemudian klik menu Path di bagian menubar dan pilih object to path (shift+ctrl+c) sehingga nantinya bentuk lingkaran tsb bisa kita atur untuk memenuhi bagian tubuh seperti gambar di bawah

yup, mungkin kurang lebih seperti itu.

Jadi pada intinya, untuk menggambar ulang sketsa di program pengolah gambar, akan menjadi lebih mudah tatkala kita menggambar bagian per bagian secara fokus. ingat! secara fokus. selalu selesaikan sampai selesai bagian yang sedang kita buat, jika selesai bisa berlanjut ke bagian berikutnya yang akan dibuat.
Untuk latihan bisa menggunakan sketsa yg mudah dahulu gambarnya.

posted by koffee @ 17.48  
About Me


Name: koffee
Home: Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates