Minggu, 09 Maret 2008
m/gunakan path_tools di inkscape

Menggambar dgn Path untuk saya sangat penting dalam mendalami ilmu menggambar di aplikasi pengolah gambar digital. kenapa? karena path buat saya sama dengan coretan pensil -yg mana hal itu tentunya penting di dunia gambar-menggambar. walaupun ada tool dengan fungsi pensil dan bernama pencil yg bisa menggambar bebas, tapi di komputer -untuk saya itu sulit, jadi untuk menggambar saya benar-benar mengandalkan garis-garis path yg bisa di buat dengan bezier tool kalau di inkscape.

menggambar dengan path banyak manfaatnya, misalnya untuk

-menggambar itu sendiri,

-memodifikasi/edit gambar (yg berobject/terbuat dari garis path tentunya)

kedua hal di atas -memiliki fungsi dan arti yg lebih luas lagi menurut kreasi kita masing-masing.

mungkin jika kita menggunakan aplikasi pengolah gambar -untuk mengedit foto atau gambar bitmap, mungkin fungsi path kurang berperan.

path sangat berperan untuk membuat gambar vektor.

ok. langsung aja saya coba terangin gimana- bermain dgn Path

___________________

Menggambar Path

klik tombol Bezier tool beziertool.jpg di Toolbox atau tekan Shift+F6.
Di Canvas buat garis miring dengan cara klik-lepaskan-geser -kemudian klik sekali dan klik dua kali untuk menyelesaikan garis tsb seperti pada gambar di bawah.

pathline01.jpg

Selanjutnya kita akan mencoba membuat garis melengkung dgn cara klik-lepaskan-geser -kemudian klik sekali + tahan -geser ke -miring bawah kanan -kemudian lepaskan klik -dan geser ke bawah, seperti gambar di bawah

createpathline.jpg

bisa kita perhatikan, bahwa dalam membuat garis Path di atas ada 2 warna bantu untuk memisahkan fungsi garis sebelum semua garis selesai. Warna garis hijau menandakan bahwa garis tersebut nantinya akan terbentuk dalam posisi yg sudah di tetapkan, dan garis merah menandakan bahwa garis tsb belum selesai/fix mau di tempatkan/posisikan di mana.

Apabila terjadi kesalahan dalam menempatan posisi garis dan ingin mengulang, bisa tekan tombol Backspace atau Del di keyboard.

dan untuk menghapus keseluruhan Path yang kita buat bisa tekan Escape atau Ctrl+Z di keyboard.

dengan mengetahui kedua hal di atas -silakan melakukan eksperimen lebih lanjut dengan bentuk-bentuk garis lain menurut kreasi kita masing-masing.

_____________________

Modifikasi/edit Path

untuk memodifikasi/edit Path yang ada, bisa mulai dengan pilih tombol pathedittool.jpg di Toolbox atau tekan F2.

Ketika memilih tombol Edit Path tsb, bisa di lihat pada -Tool controls bar akan muncul beberapa tool yang dapat digunakan untuk membantu peng-editan Path.

Tool-tool tersebut tampak seperti pada gambar dibawah,

pathedittool-control.jpg

akan saya coba terangkan setiap fungsi dari masing-masing alat bantu tersebut.

Insert new nodes into selected segments pathcontrol-newnodes.jpg

fungsi ini untuk menambahkan titik nodes pada object path yang sudah kita buat

caranya: klik sekali (untuk menandakan posisi dimana nodes baru akan ditambahkan) pada object/garis yg ada di canvas, kemudian klik tombol/fungsi di atas.

Akan terlihat nodes baru akan muncul, seperti gambar dibawah,

01.jpg

Cara lain (lebih cepat) dalam menambah titik nodes yaitu dengan mengklik dua kali pada garis Path, tentukan dimana akan meletakan titik nodes baru dan klik dua kali.

Delete selected nodes pathcontrol-deletenodes.jpg

fungsi ini untuk menghapus titik nodes pada object path yang sudah kita buat

caranya: klik sekali titik nodes yang akan dihapus, kemudian klik tombol/fungsi di atas.

Cara lain, klik titik nodes yang akandihapus, kemudian klik Backspace atau Del pada keyboard.

Join selected end-nodes pathcontrol-joinendnodes.jpg

Fungsi ini untuk menggabungkan dua titik nodes yg terbuka/bebas pada garis path.

Caranya, seleksi (tekan titik nodes pertama, kemudian tekan Shift + tahan dan pilih titik nodes kedua) terlebih dahulu dua titik nodes yg akan digabungkan.

Lihat gambar dibawah,

02.jpg

pada gambar diatas, dua titik nodes dibawah menjadi berwarna biru, yang menandakan bahwa dua titik nodes tersebut dalam keadaan ter-seleksi.

Setelah menyeleksi dua titik nodes yang akan digabungkan, klik tombol/fungsi penggabungan diatas, dan hasilnya seperti dibawah,

03.jpg

bisa dilihat bahwa dua titik nodes yang tadinya terpisah menjadi bergabung menjadi satu titik nodes.

Join selected end-nodes with a new segments pathcontrol-joinendnodes-withnewsegment.jpg

Fungsi ini untuk menghubungkan dua titik nodes yg terbuka/bebas pada garis path, dengan menambahkan garis baru.

Caranya, seleksi (tekan titik nodes pertama, kemudian tekan Shift + tahan dan pilih titik nodes kedua) terlebih dahulu dua titik nodes yg akan dihubungkan, kemudian klik tombol/fungsi diatas.

Lihat gambar dibawah,

04.jpg

bisa dilihat bahwa dua titik nodes yang tadinya terpisah menjadi berhubungan dengan penambahan garis baru.

Split path between two non-endpoint nodes pathcontrol-splitpath.jpg

fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi Join selected end-nodes with a new segments diatas, yaitu berfungsi untuk memisahkan/memutuskan dua titik nodes yang terhubung melalui sebuah garis.

Break path at selected nodes pathcontrol-breakpath.jpg

fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi Join selected end-nodes diatas, yaitu berfungsi untuk memecah titik nodes menjadi dua titik nodes sehingga masing-masing nodes akan memiliki peranan sendiri-sendiri, caranya pilih terlebih dahulu satu titik nodes yang akan dipecah.

Dibawah adalah contoh ilustrasinya,

05.jpg

bisa diperhatikan ilustrasi diatas, bahwa pada awalnya hanya terdapat tiga titik nodes yang membentuk suatu objek, setelah salah-satu titik nodes diseleksi/dipilih dan kemudian meng-klik tombol/fungsi diatas, -perhatikan bahwa satu titik nodes yg sudah terseleksi dan ter-eksekusi oleh fungsi diatas menjadi pecah dan membuat titik nodes baru yang bersifat bebas.

-------------------------------------------------------------------------------------------

Tipe-tipe titik node typeofnodes.jpg

Ketiga tombol/fungsi diatas berfungsi untuk merubah jenis/tipe titik nodes untuk melakukan editing thd garis path.

Fungsi pertama yaitu Make selected nodes corner pathcontrol-nodescorner.jpg

kita lihat langsung ilustrasi dibawah

06.jpg

ilustrasi diatas memperlihatkan bahwa fungsi pilihan Make selected nodes corner digunakan untuk membuat kedua node handles terkunci, sehingga apabila salah satu dari node handles dimainkan/digerakan/dipindahkan untuk merubah posisi garis, -maka node handles yang satu lagi akan terkunci -atau tidak ikut berpindah mengikuti alur node handles yang bergerak. Sehingga sudut akan terjaga ke-runcingannya.

Silakan dipraktekan untuk lebih jelasnya.

Untuk fungsi kedua yaitu Make selected nodes smooth pathcontrol-nodessmooth.jpg

07.jpg

Fungsi diatas dibuat untuk melakukan editing yang lebih halus (tidak runcing), namun kedua node handles yang muncul ketika melakukan editing tidaklah terkunci seperti fungsi pertama yg dijelaskan diatas.

Jika salah satu note handles digunakan -maka node handles lain akan mengikuti alur node handles yg digerakan. Lihat gambar diatas dimana node handles yang bergaris pendek berada diatas node handles yang bergaris panjang. -Disebabkan karena pada gambar node handles yg bergaris panjang digerakan kebawah dan otomatis node handles yg pendek mengikuti pergerakannya dan berada diatas node handles yg bergaris panjang.

Silakan dipraktekan untuk lebih jelasnya.

Untuk fungsi ketiga yaitu Make selected nodes symmetric pathcontrol-nodessymmetric.jpg

Berfungsi dan berarti sama dgn fungsi kedua diatas -yang membedakan adalah, pada fungsi ketiga ini terletak pada garis node handles. Pada fungsi ketiga ini garis bantu node handles akan muncul dengan panjang yg sama satu sama lain, hal itu berguna untuk melakukan editing yg memerlukan keseimbangan pada garis path yang diedit.

Kita lihat langsung ilustrasi 2 perbedaan dibawah

08.jpg

gambar no.1 menggambarkan fungsi Make selected nodes smooth (fungsi kedua), dan

gambar no.2 menggambarkan fungsi Make selected nodes symmetric (fungsi ketiga).

Pada gambar no.2 jelas terlihat bahwa garis bantu node handles sama panjang keduanya, -dan keadaan itu membuat gambar yg dihasilkan lebih seimbang.

Perhatikan lagi gambar no.1 -dimana gambar yg dihasilkan lebih miring ke kanan, tapi pada gambar no.2 dengan melakukan gerakan perpindahan garis bantu node handles yang sama dengan gambar no.1 -gambar yg dihasilkan oleh fungsi symmetric ini lebih seimbang kanan dan kirinya, jadi gambar tidak terlalu condong ke kanan.

Pada akhirnya bahwa ketiga fungsi diatas berguna untuk melakukan editing thd garis path tergantung dari kondisi dan tujuan awal menggambar.

Ok. sekarang kita lanjutkan dengan fungsi berikutnya.

Make selected segments lines pathcontrol-segmentslines.jpg

Fungsi kali ini berfungsi untuk membuat garis path yg melengkung menjadi lurus, seperti pada gambar di bawah,

09.jpg

seleksi ketiga nodes dan tekan tombol/fungsi diatas, maka garis melengkung akan menjadi garis lurus -seperti tampak pada gambar diatas.

Make selected segments curves pathcontrol-segmentscurves.jpg

Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi Make selected segments lines diatas, yaitu memudahkan garis lurus menjadi garis yang bisa di-lengkung-kan. Ilustrasinya seperti pada gambar dibawah,

10.jpg

pada ilustrasi diatas menjelaskan cara editing garis lurus ke bentuk yg lebih melengkung dengan cara, seleksi terlebih dahulu nodes pada garis lurus, kemudian tekan tombol/fungsi Make selected segments curves diatas -dan secara otomatis hal itu akan memunculkan garis bantu node handles seperti tampak pada gambar kedua, dan pergerakan posisi garis bantu node handles akan membuat garis lurus dapat dirubah lebih melengkung seperti pada gambar ketiga.

Ok. tiga fungsi terahir akan saya jelaskan langsung 3endoftool.jpg

Object to path pathcontrol-objecttopath.jpg

Object to path ini berfungsi untuk melakukan convert thd objek yg dipilih. Ini digunakan agar objek yg di convert dapat dirubah/dimodifikasi/re-edit oleh tool bezier tool / path tool.

Misalnya ketika kita membuat objek lingkaran dengan Circles tool (F5) atau membuat bentuk kotak dengan Rectangles and squares tool (F4) kedua hal tersebut, yaitu objek lingkaran dan kotak tidak dapat kita rubah/edit bentuknya lebih jauh, karena tidak mengandung path nodes. Oleh karenanya untuk kebutuhan dalam mengedit objek lingkaran atau kotak atau yg lainnya -dapat meng-convert-nya terlebih dahulu ke dalam lingkungan/bentuk path, sehingga nantinya kesemua objek tsb dapat diedit lebih lanjut dgn path tool.

Berikut ilustrasinya

11.jpg

Cara diatas dapat dilakukan dgn, pertama buat lingkaran dgn Circles tool (F5) kemudian seleksi lingkaran tsb dan tekan tombol/fungsi Object to path (Shift+Ctrl+C) dan otomatis akan muncul empat buah titik nodes -yang kemudian siap untuk dilakukan editing thd bentuk lingkaran melalui titik-titik nodes -seperti pada gambar ketiga.

Object’s stroke to paths pathcontrol-objectstroketopath.jpg

Fungsi ini digunakan untuk melakukan perubahan bentuk pada Stroke to Fill.

Kedua hal tsb akan di -ilustrasikan di bawah,

12.jpg

bisa dilihat bahwa yg dimaksud dgn Fill adalah suatu objek yang memiliki “tubuh” yg terisi dan berada diantara stroke. -sedangkan Stroke adalah suatu objek yg kasarnya hanya berupa coretan.

Jadi pada fungsi Object’s stroke to paths kali ini -akan memperlihatkan bagaimana membuat suatu objek Stroke menjadi objek Fill.

Ilustrasinya seperti tampak pada gambar dibawah,

13.jpg

ilustrasi dilakukan dgn cara seleksi dahulu garis (Stroke) secara keseluruhan, kemudian tekan tombol/fungsi Object’s stroke to paths maka secara otomatis akan muncul titik-titik nodes hasil convert tsb dan titik-titik nodes tsb bisa segera di drag/tarik sehingga menghasilkan bentuk Fill seperti pada gambar ketiga diatas.

Ok. fungsi terahir dari kumpulan Path tool adalah

Show the bezier handles of selected nodes pathcontrol-showbezierhandles.jpg

Fungsi ini berfungsi untuk menampilkan garis bantu node handles / bezier handles untuk melakukan editing thd titik-titik nodes.

Pada setingan default inkscape, tombol/fungsi ini sudah ter-aktifkan.

***

Ok. akhirnya selesai sudah mengenai bagaimana memainkan Path beserta Tools pendukungnya -untuk melakukan editing pada objek vektor.

Tutorial ini tentunya masih jauh dari sempurna -dan terus melakukan eksperimen adalah suatu usaha yg baik untuk mengetahui/mengenal lebih jauh mengenai setiap tools atau fungsi dari aplikasi pengolah gambar -khususnya Inkscape.

klik tombol dibawah untuk unduh format .pdf tutorial diatas

tombol-unduh.png

Label:

posted by koffee @ 17.50  
About Me


Name: koffee
Home: Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates